Hasil Perolehan ASPD Tahun 2021

Yogyakarta menyandang sebagai kota pendidikan memandang tetap perlu menyelengggarakan Assesment  Standarisasi Daerah (ASPD) sebagai tolok ukur kualitas pendidikan di Yogyakarta. Menindaklanjuti hal tersebut, SD Muhammadiyah Pakem berupaya untuk memaksimalkan kesuksesan ASPD dengan membentuk tim sukses ASPD yang digawangi oleh wali kelas 6 Ayunda Erlin, Endah dan Dessy. Selain itu, untuk keperluan administrasi dibentuk tim panitia penyelenggaraan ASPDyang diketuai oleh Ayunda Manna.

Berbagai upaya telah dilakukan demi kesuksesan ASPD. Mulai dari pembinaan materi melalui aplikasi zoom meeting, pembinaan tatap muka kelompok kecil (5 anak 1 kelas) dengan melibatkan guru-guru kelas lain, motivasi dan doa bersama, pertemuan wali murid serta  konsultasi belajar.

Tryout-tryout (latihan ASPD) dilakukan di rumah, sementara pelaksanaan ASPD pada tanggal 24, 25 dan 27 Juni 2021 dilakukan secara tatap muka di sekolah. Penyelenggaran ASPD tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Ruang ASPD terbagi menjadi 9 kelas dengan 1 pengawas dari sekolah lain.

Alhamdulillah hasil yang diperoleh tidak mengkhianati usaha dan kerja keras yang dilakukan selama ini. Rata-rata 79 siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Pakem adalah 222,53 (74, 18). Nilai ASPD tertinggi 297,14 diraih oleh dua siswa yakni Azarina Safa Lenisa dan Iftina Amelia. Ananda Safa dan Amel memperoleh nilai sama yakni: 100 untuk Bahasa Indonesia, 100 untuk Matematika dan 97, 14. Peringkat kedua diraih oleh Ananda Luthfia Yumna Rahadiani dengan nilai Bahasa Indonesia 91,43, Matematika 100 dan IPA 100. Nilai 100 sempurna juga diperoleh oleh beberapa siswa yang lain. Peraih nilai 100 untuk Bahasa Indonesia yakni Aisyah Putri Nastiti, Almira Naifa Azalia, Dhabitah Kayla Atica, dan Dzaka Evan Hadi.

Sebagai wujud rasa bangga dan mengapresiasi prestasi siswa kelas 6 ini, setelah pengumuman kelulusan dan sosialisasi PPDB SMP pada tanggal 15 Juni 2021, sekolah akan menyelenggarakan wisuda. Wisuda di masa pandemi tentu saja tetap menerapkan protokol kesehatan. Prosesi wisuda akan diselenggarakan secara driver thru pada tanggal 26 Juni 2021.


    Kirim Komentar